Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

An Analysis of Teaching Reading Comprehension Strategies for Students at Bina Insan University Lubuklinggau

Riance, Astri (Unknown)
Sinta, Sinta (Unknown)
Iswanto, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Reciprocal Teaching dan Question Answer Relationship. ResponĀ  smahaiswa tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemajuan dosen di masa depan, karena dapat mengevaluasi pengajaran dosen di kelas melalui analisis respon mahasiswa. Respon mahasiswa juga menjadi alat untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Terbukti bahwa ketika mahasiswa memberikan respon dengan baik maka mereka juga akan bertindak dengan baik untuk mencapai tujuan mahasiswa di kelas. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pada semester 2 Jurusan Komputer Universitas Bina Insan sebanyak 355 mahasiswa, dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 siswa pada jurusan sistem informasi.Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, Hubungan Reciprocal Teaching dan Question Answer mempunyai dampak positif bagi mahasiswa, karena strategi ini dapat membuat mahasiswa termotivasi, mudah memahami materi, dan membuat mahasiswa mudah mengingat materi. Dan mahasiswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...