Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD

Agusti, Yulentri (Unknown)
Destiniar, Destiniar (Unknown)
Sari, Eka Fitri Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh setelah menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL), sudah dianalisis terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Negeri Epil. Sampel penelitian adalah kelas IV.A (eksperimen) dan IV.B Kelas Kontrol, dengan jumlah siswa IV.A 22 Siswa dan IV.B 25 siswa Pengambilan data dengan menggunakan nilai tes dari hasil belajar berupa posttes. Bahwa pada bagian hasil data 11,865 dan 1,684 penujian hipotesis yaitu Ho ditolak dan Ha diterima jika pada penelitian ini di peroleh 11,865 <  1,684 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwah terdapat pengaruh dari model PjBL tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...