Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penerapan Program Jamuzir untuk Menumbuhkan Rasa Empati pada Siswa Sekolah Dasar 110 Pekanbaru

Dewi, Kusmega (Unknown)
Amelia, Rezki (Unknown)
Mahardi, Hendri (Unknown)
Erlisnawati, Erlisnawati (Unknown)
Mustafa, M. Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Program Jamuzir, yang berarti "Jangan Mubazir," adalah inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap perilaku berbagi. Program ini bertujuan untuk mencegah pemborosan dalam berbagai aspek kehidupan, serta menekankan pentingnya efisiensi dan keberlanjutan dalam pemanfaatan barang-barang bekas yang masih layak digunakan. Konsep berbagi dalam program ini merujuk pada tindakan memberikan sebagian dari apa yang dimiliki kepada teman atau individu yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan program Jamuzir dalam menumbuhkan rasa empati di kalangan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan pendekatan BAGJA (Buat Pertanyaan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Jamuzir meliputi berbagai kegiatan, seperti berbagi pakaian bekas, barang bekas, dan zakat dari orangtua. Program ini terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa empati pada siswa, yang dibuktikan dengan banyaknya pakaian, barang, dan zakat yang diperoleh dari partisipasi orangtua. Penelitian ini menggunakan Melalui aktivitas berbagi ini, rasa empati siswa di Sekolah Dasar Negeri 110 Pekanbaru meningkat dan memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...