Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V-B Pelajaran IPAS Tema 3 Subtema 3 UPTD SD Negeri 122349 Pematang Siantar

Marbun, Binsar Sahata (Unknown)
Simamora, Aprido Bernando (Unknown)
Sianturi, Canni Loren (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas V-B UPTD SD Negeri 122349 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-B UPTD SD Negeri 122349 Pematangsiantar dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perhitungan dengan t-test menghasilkan nilai thitungt_{\text{hitung}}thitung​ sebesar 24,508. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan ttabelt_{\text{tabel}}ttabel​ sebesar 1,725 dengan derajat kebebasan (dfdfdf) = 39 dan taraf signifikansi 0,05. Perbedaan dikatakan signifikan jika thitung>ttabelt_{\text{hitung}} > t_{\text{tabel}}thitung​>ttabel​. Jika thitung>ttabelt_{\text{hitung}} > t_{\text{tabel}}thitung​>ttabel​, maka H0H_0H0​ ditolak dan HaH_aHa​ diterima. Sebaliknya, jika thitung<ttabelt_{\text{hitung}} < t_{\text{tabel}}thitung​<ttabel​, maka H0H_0H0​ diterima dan HaH_aHa​ ditolak. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari pretest siswa sebelum diberi perlakuan, rata-rata nilai siswa adalah 56,20, yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Setelah diajarkan dengan menggunakan metode Problem Solving, nilai posttest siswa meningkat menjadi rata-rata 85,60. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas V-B UPTD SD Negeri 122349 Pematangsiantar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...