Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar

Gea, Jhonner Valentinus (Unknown)
Simanjuntak, Melvin M (Unknown)
Sirait, Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Motivasi dapat diartikan dasar dari penggerak untuk dapat tertarik atau terdorong untuk memperhatikan seseorang sesuatu barang atau keinginan dalam bidang-bidang tertentu. Motivasi belajar seseorang tergantung kepada seberapa besar keinginan untuk mendapatkan hasil belajar, terkadang ada pula terjadi pada siswa yang tidak memiliki motivasi akan berdampak buruk pada hasil belajar siswa. Begitu pula sebaliknya seorang siswa yang memiliki motivasi akan berdampak positif pada hasil belajarnya. Motivasi dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan sebagainya hasil dari keikutsertaan dalam suatu kegiatan karena motivasi belajar kecendrungan hati untuk belajar mendapat informasi, pengetahuan, kecakapan, melalui usaha pengajaran atau pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 37 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data perhitungan kontribusi dari variabel x terhadap variabel y adalah sebesar 0,449 atau sama dengan 44,9%. Dari data tersebut disimpulkan bahwa ada hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...