Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Falsafah Kritis dan Marxisme dan Teori Pendidikan Kritis Paulo Freire dan Henry Giroux

Fikri, Aiman (Unknown)
Sukardi, Ismail (Unknown)
Astuti, Mardiah (Unknown)
Ikbal, Muhammad (Unknown)
Anggraini, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini membahas falsafah kritis dan Marxisme serta kontribusi teori pendidikan kritis dari Paulo Freire dan Henry Giroux dalam konteks pendidikan. Penelitian ini dilakukan melalui kajian pustaka yang berfokus pada sumber-sumber ilmiah relevan terkait topik. Falsafah kritis dan Marxisme menekankan pentingnya analisis terhadap struktur kekuasaan dan ideologi dalam pendidikan, sedangkan teori Freire menekankan pendidikan dialogis yang membebaskan individu dari penindasan. Henry Giroux melanjutkan pemikiran ini dengan menekankan pendidikan sebagai arena resistensi budaya dan perubahan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan kritis dapat membangun kesadaran siswa terhadap realitas sosial, memberdayakan mereka sebagai agen perubahan, serta mengkritisi ideologi dominan. Kesimpulannya, pendekatan pendidikan kritis penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap tantangan sosial saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...