Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Implementasi Budaya Mutu Sekolah terhadap Kinerja Siswa di SMP Negeri 1 Sambong

Nuriyawati, Nuriyawati (Unknown)
Hariyati, Titik (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi budaya mutu sekolah dan implikasinya terhadap kinerja siswa di SMP Negeri 1 Sambong. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan lokasi di SMP Negeri 1 Sambong dan melibatkan 90 responden yang terdiri dari guru, siswa, dan orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa 80% responden berpendapat bahwa budaya mutu yang baik berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar siswa. Temuan ilmiah menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan motivasi belajar siswa berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja akademik. Penelitian ini mendukung hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif antara implementasi budaya mutu sekolah dan kinerja siswa di SMP Negeri 1 Sambong. Sebagai rekomendasi, disarankan agar sekolah melakukan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman tentang budaya mutu dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penerapan budaya keandalan di SMP Negeri 1 Sambong, yaitu dengan menumbuhkan rasa memiliki bersama, menekankan diskusi pribadi ketika ada masalah. (2) Penerapan budaya saling percaya di SMP Negeri 1 Sambong, yaitu dengan memperlakukan guru sebagai "teman", mendapatkan dukungan orang tua dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan memberikan kebebasan untuk mendesain pembelajaran sesuai dengan karakteristik guru masing-masing. (3) Menjalankan budaya optimisme akademik di SMP Negeri 1Sambong dengan menerapkan dua KKM yang berbeda untuk setiap jenjang kelas, memiliki supervisi tiga tahap, menggunakan media pembelajaran modern dan tidak menggunakan buku teks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...