Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Literasi Keuangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK An-Nur Bastari Kota Pekanbaru

Rupat, Emelda (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Literasi Keuangan anak usia 5-6 tahun di TK An-Nur Bastari Kota Pekanbaru dalam pembelajaran masih kurang dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan literasi keuangan anak usia 5-6 tahun adapaun metode penelitian yang digunakan pra-eksperimen dengan bentuk Pretest Posttest Only Control Group Design. Popoulasi penelitian adalah anak TK An-Nur Bastari Kota Pekanbaru yang berjumlah 29 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah anak 20 anak yang berada pada usia 5-6 tahun. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi kemampuan literasi keuangan anak dan dokumen tasi kegiatan membaca buku cerita bergambar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t satu sampel. Berdasarkan analisis titik tatistic t-test diperoleh dengan nilai thitung= 26,390 pada taraf kesalahan 0,05%, dengan nilai ttabel= 2,093 artinya thitung> ttabel, maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan literasi keuangan anak usia 5-6 tahun di TK An-Nur Bastari Kota Pekanbaru adalah sebesar 68,06%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...