Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penerapan Model TGT Berbantu Media Puzzel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas 5 di SD Negeri 78 Palembang

Luh De Wulan Sari (Universitas Sriwijaya)
Makmum Raharjo (Universitas Sriwijaya)
Rudiansyah Rudiansyah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS untuk kelas V dengan menggunakan model TGT yang dibantu oleh media puzzle di SD Negeri 78 Palembang. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Pada pra-siklus, persentase ketercapaian siswa adalah 42,86%. Namun, pada siklus kedua, persentase ketercapaian siswa hampir mencapai 100% dengan angka 92,86%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model TGT dengan bantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...