Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Manajemen Program Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Maskanul Muttaqin Jambi

Munandar, Aris (Unknown)
Nurlaili, Siti (Unknown)
Prayogi, Kemas Rivan (Unknown)
Handayani, Rizkia (Unknown)
‘Aini, Ikrima Qurrotul (Unknown)
Oktavia, Pivin (Unknown)
Nofriansyah, Rizky (Unknown)
Alfiah, Dewi Umi (Unknown)
Khusnihita, Khula (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen program tahfidz Qur'an di Pondok Pesantren Maskanul Muttaqin Jambi, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Pendidikan berbasis nilai-nilai agama, terutama program tahfidz, memainkan peranan penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan wawasan spiritual yang mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara kepada pimpinan pondok, pengajar, dan santri, serta observasi terhadap pelaksanaan program tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang, pengelolaan waktu yang efisien, serta evaluasi yang teratur berkontribusi besar terhadap keberhasilan program tahfidz. Selain itu, kualitas pengajar dan dukungan fasilitas yang memadai turut mendukung efektivitas program ini. Namun, beberapa kendala masih ditemui, seperti keterbatasan jumlah pengajar dan tantangan dalam pengelolaan waktu santri yang memiliki banyak kegiatan di luar tahfidz. Penelitian ini juga menemukan bahwa pembinaan yang tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi juga pada pemahaman makna Al-Qur'an, sangat penting dalam menciptakan penghafal Qur'an yang berkualitas. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program dengan menambah variasi metode pembelajaran dan memperkuat pembinaan bagi santri yang menghadapi kesulitan dalam menghafal. Dengan demikian, program tahfidz di Pondok Pesantren Maskanul Muttaqin dapat lebih optimal dalam mencetak generasi penghafal Qur'an yang tidak hanya hafal, tetapi juga mampu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...