Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Analisis GAP Generasi:: Generasi Milenial dan Generasi Z di Lingkungan Kampus

Asni Asni (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Dini Chairunnisa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Salsabila Salsabila (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Dessy Marsellya Putri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Shabina Alya (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Muhammad Rafli Ryansyah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Generasi Milenial dan Generasi Z lahir di era digital, namun mengalami perkembangan teknologi yang berbeda. Generasi Milenial tumbuh di masa awal digital dengan teknologi dasar yang masih terbatas, sedangkan Generasi Z lahir di tengah pesatnya kemanjuan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan anatara kedua generasi dalam hal humor, hubungan sosial, gaya komunikasi, dan pengunaan teknologi, mengunakan metode studi literatur untuk menganalisis perbedaan antara generasi Milenial dan Generasi Z di Lingkungan kamus. Pola komunikasi kedua generasi dipengaruhi oleh penggunaan teknologi, yang menjadi faktor utama perbedaan ini. Generasi Z cenderung gaya komunikasi yang ditandai dengan penggunaan bahasa singkatan dan informal. Sementara Generasi Milenial memiliki perbedaan gaya komunikasi yang terlihat dalam humor mereka, yang kerap dianggap kuno. Meskipun teknologi membawa dampak negatif, dampak positifnya bersinar terang melalui kefasihan mahasiswa Generasi Z dalam menggunakan teknologi, melampaui kemampuan dosen dari Generasi Milenial, dan menandai pergeseran signifikan dalam lanskap pendidikan dan komunikasi modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...