Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Remaja di Era Digital

Arvin Hardian (Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia)
Elisabeth Sitepu (Universitas Darma Agung, Indonesia)
Aria Mulyapradana (ITSNU Pekalongan, Indonesia)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun,Indonesia)
Boby Hendro Wardono (STIT Alquraniyah Manna, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental remaja di era digital. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap remaja yang aktif menggunakan media sosial untuk memahami pengalaman, dampak positif, dan negatif yang mereka rasakan. Temuan menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran dualistik dalam kesehatan mental remaja. Di satu sisi, media sosial berfungsi sebagai ruang untuk eksplorasi identitas, dukungan emosional, dan interaksi sosial yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kesejahteraan. Namun, di sisi lain, penggunaan yang tidak terkendali dapat memicu kecemasan, stres, dan perasaan rendah diri akibat tekanan sosial, perbandingan diri, serta fenomena cyberbullying. Pendidikan literasi digital yang meliputi pemahaman tentang dampak psikologis media sosial, keterampilan mengelola waktu, dan cara menangani cyberbullying sangat penting untuk mengurangi dampak negatif. Penelitian ini menyarankan perlunya kolaborasi antara keluarga, pendidik, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan digital yang sehat dan mendukung kesejahteraan mental remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...