Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Perilaku Menyimpang pada Naskah Drama Orkes Madun I Karya Arifin C. Noer:: Tinjauan Sosiologi Sastra

Zalukhu, Salsadila (Unknown)
Bahardur, Iswadi (Unknown)
Tatalia, Ricci Gemarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku menyimpang individu yang memiliki tiga jenis, yaitu : pelacuran, tindak kejahatan/kriminal, dan gaya hidup dalam naskah Orkes Madun I karya Arifin C. Noer. Penelitian ini difokuskan pada bentuk Perilaku Menyimpang Dalam Naskah Drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer: Tinjauan Sosiologi Sastra Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat dan dialog yang terdapat konflik sosial dalam naskah drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1) membaca dan memahami naskah drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer, (2) mencatat dan menandai data-data yang berhubungan dengan perilaku menyimpang dalam naskah drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer, (3) mengklasifikasikan data yang berhubungan dengan perilaku menyimpang dalam naskah drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer. Dalam penelitian ini terdapat 31 kutipan data perilaku menyimpang yang ditemukan dalam Naskah Drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer, yaitu 12 kutipan data perilaku menyimpang individu jenis pelacuran, 7 data kutipan perilaku menyimpang individu jenis tindak kejahatan, dan 10 kutipan data perilaku menyimpang individu jenis gaya hidup dalam Naskah Drama Orkes Madun I karya Arifin C. Noer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...