Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Resensi Berbasis E-Book pada Siswa Kelas XI SMAN 21 Bone

Meldayani, Meldayani (Unknown)
Sua, Andi Tenri (Unknown)
Srimularahmah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis resensi pada kelas XI SMAN 21 Bone, Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuannya adalah untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis resensi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual yang didukung oleh e-book. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 21 Bone dengan jumlah siswa kelas XI berjumlah 46 siswa, 22 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah laki-laki 11 orang, perempuan 11 orang, dan 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah laki-laki 11 orang, perempuan 13 orang. Penelitian ini menggunakan e-book berjudul "Mata Yang Memicu Bunuh Diri" sebagai bahan ajar. Peneliti menghipotesiskan bahwa penggunaan e-book ini, dikombinasikan dengan model pembelajaran kontekstual, akan memberikan dampak positif terhadap kemampuan menulis resensi siswa. Untuk menguji hipotesis ini, digunakan tes uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan e-book memiliki kemampuan menulis resensi yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...