Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 9 Kota Tangerang

Aisah, Sarah (Unknown)
Ribawati, Eko (Unknown)
Maryuni, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 04 September -09 Oktober 2024. Metode penelitian yang digunakan ialah eksperimen. Penelitian ini memiliki sampel yang kelas kontrol dan kelas eksperimen terdiri 38 siswa. Instrumen utama yang digunakan ialah tes uraian berjumlah 10 soal untuk di analisis menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan Ms Excel dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus polled varian didapatkan nilai thitung= 2,868 > ttabel 1,992 dengan ɑ= 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini dapat diimplementasikan sebagai referensi kegiatan pembelajaran Sejarah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Pergerakan Kebangsaan Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...