Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Peran, Motivasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Capaian Mutu Pendidikan Madrasah

Reni Suwenti (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Eti Kurniawati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Een Masdariah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Ahmad Qurtubi (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Eneng Muslihah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Mutu pendidikan merupakan aspek krusial dalam pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Dalam konteks ini, peran pendidik dan tenaga kependidikan menjadi faktor penting yang perlu dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran dan motivasi pendidik serta tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 536 responden dari 94 madrasah Aliyah di Kabupaten Pandeglang, Banten. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasilnya mengindikasikan bahwa keterlibatan proaktif pengajar dalam memfasilitasi dan memotivasi, dipadukan dengan kecakapan pengelolaan oleh pimpinan lembaga pendidikan, memegang peranan krusial dalam pembentukan atmosfer pembelajaran yang optimal. Dorongan internal dan eksternal terbukti memiliki dampak nyata terhadap performa staf pengajar dan administratif, yang pada gilirannya berkontribusi positif pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Sinergi antara peran dan motivasi menciptakan lingkungan belajar produktif yang mendorong perkembangan siswa. Pengelolaan sekolah yang efektif, terutama dalam peningkatan kompetensi guru dan pengelolaan sumber daya, juga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan untuk mencapai standar mutu yang lebih tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...