Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Analisis Penggunaan Massive Open Online Courses (MOOCS) dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Politeknik

Desi Tri Cahyaningati (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Aditya Maharani (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Ratna Budiawati (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Dewi Kurniasih (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Irma Rustini (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Miftachudin (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan terus mengalami perubahan signifikan setiap tahunnya, salah satu contoh adalah penerapan Massive Open Online Courses (MOOCs). Namun setelah pandemi COVID-19, transisi pembelajaran dari daring ke luring memberi tantangan dalam pengembangan pendidikan termasuk platform MOOCs perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberlanjutan mahasiswa dalam menggunakan MOOCs melalui platform LMS yang diterapkan di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain longitudinal, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 178 responden. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif, termasuk perhitungan rata-rata, median, modus, serta nilai maksimum dan minimum. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki pandangan positif terhadap MOOCs; terutama dalam aspek kegunaan, “Aspek Individual-Technology Fit, Aspek Task-Technology Fit dan Aspek Social Motivations (motivasi sosial)”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...