Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Analisis Penggunaan Media Google Sites Berbasis Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar

Labiibah Shafiyyah Yaasmin (Universitas Negeri Surabaya)
Heru Subrata (Universitas Negeri Surabaya)
Hendratno (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis kebutuhan media yang dapat menunjang pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan mengenai keterampilan menulis teks deksripsi dengan media visual. Metode yang digunakan pada penelitian ini mencakup kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan media Google Sites berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran menulis deskripsi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan keterampilan menulis siswa di SD, dengan menggunakan Google Sites siswa dapat mengekspresikan ide dan kreativitas mereka secara lebih bebas. Siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran ketika prinsip-prinsip konstruktivisme diterapkan. Mereka tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi mereka juga belajar dari pengalaman dan berinteraksi dengan teman sebaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...