Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengembangan RPP dan LKPD Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Berbasis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa

Findra Dita Septiani Hippy (Universitas Negeri Gorontalo)
Frida Maryati Yusuf (Universitas Negeri Gorontalo)
Masrid Pikoli (Universitas Negeri Gorontalo)
Tirtawaty Abdjul (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Haris Odja (Universitas Negeri Gorontalo)
Ritin Uloli (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan validitas, kepraktisa, keefektifan RPP Dan LKPD materi sistem pencernaan pada manusia berbasis model project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Devolepment, Implementation, Evaluation). Sasaran penilitian yaitu kelas VIII MTs Nurul Bahri Kabila Bone tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi RPP dan LKPD berbasis model Project Based Learning oleh 2 (dua) validator memperoleh nilai rata-rata validasi masing -masing 3,83 dan 3,95 dan berada pada kategori valid dan bisa digunakan; (2) aspek kepraktisan dilihat dari 3 poin yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran yang memperoleh rata-rata persentase 97,22% dengan kriteria sangat baik dan Respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase yaitu 80% dengan kriteria baik. Dan observasi aktivitas peserta didik memperoleh rata- rata persentase pada uji coba 83,78% dengan kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa RPP dan LKPD berbasis model Project Based Learning yang dikembangkan praktis; (3) aspek keefektifan dilihat dari analisis data kemampuan kreativitas siswa tiap indikator menunjukan bahwa rata-rata kategori yang di peroleh siswa yaitu kategori “Kreatif. Dan hasil uji N-Gain total menunjukkan bahwa N-Gain untuk mengetahui kefektifanya sebasar 0,59 dan berkriteria sedang. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa RPP dan LKPD berbasis model Project Based Learning yang dikembangkan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...