Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Belajar Flowchart

Isnan Burhanuddin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sukirman (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk materi flowchart. (2)Menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk belajar flowchart. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK N 1 Pedan. Penelitian ini menggunakan teknik Analisa data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan model 4D meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Analisis data menggunakan metode Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket kuisioner. Hasil Penelitian menunjukkan : (1) Media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) merupakan pengembangan teknologi terbaru di dunia pendidikan yang membuat siswa melek teknologi. (2) Media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) mendapat nilai 79 (Grade B) dari pengujian SUS, sehingga aplikasi layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi flowchart di jenjang SMK karena mudah digunakan dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...