Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Peran Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Erma Fitriya (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Opik Taupik Kurahman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Tarsono Tarsono (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Fitriani Nurhayati (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Pipih Santora (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Desi Rosulina (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana motivasi intrinsik dan ekstrinsik berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Motivasi intrinsik, yang bersumber dari dorongan internal seperti rasa ingin tahu dan kepuasan pribadi, serta motivasi ekstrinsik, yang dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti penghargaan atau pengakuan, menjadi fokus utama kajian ini. Dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi di kelas, dan analisis dokumen, untuk mengeksplorasi peran kedua jenis motivasi tersebut dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik mendukung pemahaman nilai-nilai agama secara mendalam serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, motivasi ekstrinsik berfungsi sebagai pendorong awal yang mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan strategi pengajaran yang mengintegrasikan kedua jenis motivasi untuk mengoptimalkan hasil belajar. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berkesinambungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...