Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui pendekatan bibliometrik lintas negara selama periode 2014-2024. Dengan menggunakan data dari database Scopus, penelitian ini mengkaji tren publikasi, pola kolaborasi, dan perkembangan topik penelitian terkait GLS. Metodologi penelitian melibatkan analisis bibliometrik dengan fokus pada tiga aspek: (1) analisis tren publikasi dan penulis produktif, (2) pola kolaborasi antara penulis, institusi, dan negara, serta (3) analisis co-occurrence kata kunci. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi GLS, terutama sejak 2020, dengan Amerika Serikat dan Indonesia sebagai kontributor utama. Pola kolaborasi menunjukkan adanya kesenjangan produktivitas antar negara namun juga mengindikasikan munculnya hub penelitian baru di negara berkembang. Analisis kata kunci mengungkapkan pergeseran fokus dari literasi tradisional menuju literasi digital dan teknologi. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik GLS, serta memberikan rekomendasi untuk penelitian masa depan dalam bidang literasi sekolah.
Copyrights © 2025