Educational Research Indonesia
Vol 2 No 1 (2025): Juni

Peran Perguruan Tinggi Dalam Menanamkan Deradikalisme Agama di Kalangan Mahasiswa

Muhamad Parhan (Unknown)
Az-Zahra Khoirul Qolbi (Unknown)
Mazaya Elya Sakinah (Unknown)
Nazwa Tamailla Kanza (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Radikalisme merupakan ideologi yang menginginkan perubahan sosial dan politik melalui cara-cara kekerasan tanpa memandang perbedaan ras, suku, dan agama. Fenomena ini menjadi perhatian serius, terutama di lingkungan kampus, karena dapat mengancam stabilitas negara. Dalam menghadapi ancaman tersebut, moderasi beragama diusulkan sebagai pendekatan yang menekankan sikap toleran, menghargai perbedaan, dan menghindari pandangan ekstrem yang dapat memicu intoleransi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa di lingkungan kampus terhadap radikalisme melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pentingnya deradikalisme sebagai strategi untuk menciptakan kerukunan sosial dan mengurangi potensi radikalisme di kalangan generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eri

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

ERI: Educational Research Indonesia is a peer-reviewed journal in the field of education. It is published twice a year (June, December) by Laskar Karya in Probolinggo, East Java. Manuscripts submitted by authors undergo double-blind peer review. Accepted articles are published both online and in ...