Educational Research Indonesia
Vol 2 No 1 (2025): Juni

Relevansi Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Daya Saing Sekolah Dasar

Rina Juliana (Unknown)
Ade Akhmad Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Keberhasilan dan kemampuan bersaing suatu lembaga pendidikan terlihat pada mutu pendidikan itu sendiri. Dalam kebersaingan pendidikan berkaitan erat dengan manajemen strategi untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya. Keputusan ini terletak dibawah kekuasaan pimpinan sekolah. Tanpa strategi yang tepat, mutu pendidikan tidak akan berhasil untuk menentukan mutu secara menyeluruh di semua komponen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah strategik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing di SDN 02 Suak Tapeh. Dengan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara partisipan, dan dokumen yang relevan. Adapun informan penelitian ini adalah kepala sekolah, dewan guru dan staff pendidikan. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adanya relevansi atau keterkaitan antara manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing sekolah. Mutu pendidikan tidak hanya mencakup pencapaian prestasi siswa, tetapi juga kualitas pengajar serta efektivitas program sekolah secara keseluruhan. Dalam konteks persaingan, mutu pendidikan menjadi tolok ukur utama yang menentukan sejauh mana sebuah sekolah mampu bertahan dan berkembang di tengah dinamika perubahan pendidikan. strategi dengan kualitas pendidikan dan kualitas daya saing. Kualitas pendidikan berarti semua yang merupakan standar tercapainya pendidikan berkualitas baik dari segi prestasi siswa, kualitas guru, serta program sekolah secara keseluruhan. kualitas pendidikan adalah salah satu tolak ukur terhadap kemampuan sekolah untuk bersaing.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eri

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

ERI: Educational Research Indonesia is a peer-reviewed journal in the field of education. It is published twice a year (June, December) by Laskar Karya in Probolinggo, East Java. Manuscripts submitted by authors undergo double-blind peer review. Accepted articles are published both online and in ...