Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Sikap Kreatif Siswa di SD Sains Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024

Muhammad Fikriy Fadhilah Rosyid (Universitas Sebelas Maret)
Moh. Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan (2) mendeskripsikan profil sikap kreatif siswa di SD Sains Nusantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P-5 di SD Sains Nusantara dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan diskusi bersama pihak-pihak terkait untuk menentukan tema P-5, pelaksanaan dilaksanakan di dalam jam pembelajaran melalui pembelajaran P-5 dan di luar jam pembelajaran melalui pembiasaan-pembiasaan, serta evaluasi dilakukan kepala sekolah kepada guru dan guru kepada siswa . Sikap kreatif siswa SD Sains Nusantara sudah membudaya dilihat dari tercapainya indikator sikap kreatif yaitu menghasilkan ide orisinal, menciptakan karya orisinal, menemukan solusi, memiliki rasa ingin tahu, berani, dan menghargai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...