Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Jatisari Melalui Teknologi Scanning Card Augmented Reality

Afrida Dwi Utami (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Murwani Dewi Wijayanti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Media pembelajaran berbasis teknologi Scanning Card Augmented Reality yang diterapkan dalam pendidikan merupakan sebuah inovasi abad 21 yang dilakukan dalam rangka digitalisasi pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi teknologi Scanning Card Augmented Reality pada guru dan siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta menguraikan bagaimana respon dari siswa terkait implementasi teknologi Scanning Card Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, dan observasi. Data penelitian didasarkan pada hasil tes, wawancara, dan observasi pembelajaran IPA pada kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Scanning Card Augmented Reality dalam pembelajaran IPA telah digunakan dengan baik sesuai prosedur penelitian dan baik guru maupun siswa mengalami peningkatan dalam menerapkan media pada setiap siklusnya, penggunaan media Scanning Card Augmented Reality dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI SD Negeri 2 jatisari, serta respon siswa dalam penggunaan media Scanning Card Augmented Reality saat pembelajaran IPA menunjukkan respon yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini yakni upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri 2 Jatisari berhasil dan berjalan dengan baik.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...