Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 2 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kateguhan 01 Tahun Ajaran 2023/2024

Iska Ayu Pratiwi (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan formal. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Quick On The Draw (QOTD) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Kateguhan 01 tahun ajaran 2023/2024; (2) Mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Pancasila setelah diterapkan model QOTD; dan (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model QOTD. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Langkah model QOTD yaitu: penyiapan satu set pertanyaan, pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, pembagian materi sumber pada setiap kelompok, pengambilan kartu pertanyaan, diskusi kelompok menemukan jawaban dan menjawab pertanyaan, pelaporan jawaban kelompok, penentuan pemenang, dan pembahasan semua pertanyaan dan jawaban. Persentase hasil observasi terhadap guru pada siklus I = 74,98%, siklus II = 89,82%, dan siklus III = 99,48%; (2) Rata-rata hasil belajar siswa siklus I = 76,57, siklus II = 85,45, dan siklus III = 95,14; dan (3) Kendala yang ditemui salah satunya adalah guru kurang mengawasi kondisi kelas sehingga terdapat beberapa siswa yang gaduh sendiri, adapun solusi kendala tersebut adalah mengawasi jalannya diskusi kelompok serta membimbing siswa bekerja dengan tenang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...