Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Indonesia Kaya Budaya pada Siswa Kelas IVA SDN Jemur Tahun Ajaran 2023/2024

Kharisma Fitria Yustiani (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan media puzzle; meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS; serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjeknya adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Jemur tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media puzzle yaitu: (a) mengamati media puzzle, (b) menanya terkait materi IPAS, (c) mencoba menyusun media puzzle, (d) menalar berbantuan media puzzle, (e) mengomunikasikan hasil diskusi tentang materi IPAS; (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS dibuktikan dengan persentase hasil observasi pada siklus I = 71,6%, siklus II = 78,5%, dan siklus III = 86,0% serta hasil tes tertulis pada siklus I = 75,3%, siklus II = 82,7%, dan siklus III = 87,1%; (3) peningkatan hasil belajar IPAS, dibuktikan dengan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I = 73%, siklus II = 78%, dan siklus III = 85%; dan (4) kendala pada penelitian ini yaitu siswa kurang percaya diri dalam menanggapi presentasi kelompok lain, sedangkan solusi yang diberikan guru yaitu guru memotivasi dan memberi reward kepada siswa agar percaya diri dalam menanggapi presentasi kelompok lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang Indonesia Kaya Budaya pada siswa kelas IVA SDN Jemur tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...