Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI

Rika Prima Santi (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Kurikulum jenjang SD yaitu kurikulum 2013 yang memuat pembelajaran IPA dengan keterampilan proses sains didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah model inkuiri terbimbing, meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA, serta mendeskripsikan kendala dan solusi. Metode penelitian PTK kolaboratif digunakan dengan subjek guru dan siswa kelas VI yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model inkuiri terbimbing dengan langkah orientasi, merumuskan pertanyaan, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menyimpulkan menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains pada siklus I = 79,08%, siklus II = 85,05%, dan siklus III = 92,30%. Peningkatan terjadi pula pada hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 78%, siklus II sebesar 86%, dan siklus III sebesar 96%. Kendala yang timbul meliputi keaktifan, kekondusifan, dan apresiasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model inkuiri terbimbing mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA tentang materi tata surya pada siswa kelas VI SD Negeri Jemur Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...