Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi

Fitri Anisa Kusumastuti (Universitas Tangerang Raya)
Muh. Khaedir Lutfi (Universitas Tangerang Raya)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Program Kampus  Mengajar merupakan  bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus  Merdeka(MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Kemendikbudristek). Program  ini  menghadirkan mahasiswa dari  seluruh  program  studi  di perguruan  tinggi  untuk  berkontribusi  dalam  rangka penguatan literasi dan numerasi.  Kabupaten Tangerang adalah salah satu daerah penempatan mahasiswa program Kampus Mengajar. Tujuan dari  penelitian  yang  dilakukan  adalah melihat bagaimana implementasi program Kampus Mengajar, selain itu melihat bagaimana capaian literasi  numerasi  siswa  di salah satu sekolah dasar di Kabupaten  Tangerang. Metode penelitian yang  digunakan  adalah  deskriptif  kuantitatif dengan uji paired sample t-test dengan  peneliti  bertindak  sebagai  observer.  Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tertarik dengan pembelajaran  berbantukan media pembelajaran  dan  metode  pembelajaran  yang  dilakukan  secara  berkelompok  membuat  pembelajaran  sangat efektif  sehingga  perkembangan  keterampilan  dan  numerasi  terdapat  peningkatan  pada  kelompok  siswa  belum fasih membaca dan semakin baik pada kelompok siswa yang sudah fasih membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...