Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL)

Dita Nur Rahmawati (Universitas Sebelas Maret)
Ika Rike Agustin (Universitas Sebelas Maret)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Harni Harni (SD Negeri Jajar Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Proses pembelajaran yang  memandang sama rata kemampuan peserta didik akan berdampak pada hasil belajar peserta didik sehingga perlu untuk dapat menciptakan pembelajaran yang memfasilitasi semua kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model TaRL dalam mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana kelas V SDN Jajar Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Jajar Surakarta yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yakni 1 tes awal, dan 2 kali tes untuk menilai peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TaRL mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan sederhana yang dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan dari 57% menjadi 71%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah belajar melalui model TaRL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...