Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Berbantu Media Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas V SDIT Bina Insan Qur`Ani

Widdy Sukma Nugraha (Unknown)
Lutfi Asy’ari (Unknown)
Dewi Novianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran RADEC berbantu media puzzle terhadap kemampuan pemecahan Masalah dan kecerdasan spasial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan model pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Sampel ditentukan secara purposive, dengan siswa kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 5B sebagai kelas kontrol. Hasil dari perhitungan statistik diketahui bahwa thitung sebesar 42,268 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) diketahui sebesar 2,492. Jika thitung >ttabel sehingga maka Hο ditolak dan Hα diterima.Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran RADEC berbantu media Puzzle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemamampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPS SDIT Bina Insan Qur`ani Kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...