Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Tempel Surakarta pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Alifia Fitria Efendy (Universitas Sebelas Maret)
Aldiana Nuril Wahida (Universitas Sebelas Maret)
Sauki Fadlillah Nurus Sobah (Universitas Sebelas Maret)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Jimin Jimin (SDN Tempel Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang seringkali menggunakan konsep yang kaku dianggap menjadi salah satu faktor menurunnya motivasi belajar siswa yang mana mempengaruhi hasil belajar mereka. Pembahasan tersebut menjadi latar belakang mengapa penelitian ini kami laksanakan, dimana dalam penelitian ini kami akan menguji efektivitas penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kelas 4 SDN Tempel Surakarta. Pada penelitian ini kami menggunakan 2 siklus pembelajaran Pendidikan Pancasila yakni pra siklus dan siklus 1. Untuk menguji efektivitas penerapan kami menggunakan hasil belajar dari asesmen individu pada pra siklus dan siklus 1. Kami menemukan bahwa hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak 60%, peningkatan ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang telah mampu melampaui batas nilai minimal. Kesimpulannya adalah penggunaan model Problem Based Learning cukup efektif dalam membantu guru meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan pemberian ruang diskusi materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...