Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Improving Understanding of The Concepts Building Cubes and Blocks using The Project Based Learning Model

Bakhtiar Wijianto (Universitas Sebelas Maret)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Mellissa Damayant (Universitas Sebelas Maret)
Silva Mufti Adlia (Universitas Sebelas Maret)
Aris Paryanto (SD Ta’mirul Islam Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Ta’mirul Islam Surakarta antara bulan Maret dan Mei 2024. penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil akademik peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek dalam mata pelajaran matematika di kelas V. Tes tertulis, wawancara, dan observasi adalah metode pengumpulan data yang ditempuh. Penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan peningkatan persentase untuk kegiatan pra siklus sebesar 36%, kegiatan siklus I sebesar 56%, kemudian naik menjadi 92% pada siklus II.Hasil ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi konsep bangun ruang kubus dan balok di kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...