IPSSJ
Vol. 2 No. 2 Mei (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nuyulul Wafa (Unknown)
Yulina Ismiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Pembelajaran kolaboratif merupakan metode pembelajaran yang mengutamakan pada interaksi dan kolaborasi antar siswa pada sebuah kelompok guna mencapai tujuan pembelajaran secara bersama-sama. Penelitian memiliki tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebagai alat dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian terdiri dari semua siswa kelas IV yang berjumlah 25. Berdasarkan hasil penelitian, yang dilihat dari hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil bahwa nilai Lower dan Upper masing-masing bernilai negative yaitu nilai Lower sebanyak -24.98321 dan nilai Upper sebanyak -16.58201 dengan nilai sig. (2-tailed) : 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Didapatkan kesimpulan adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...