Pembelajaran kolaboratif merupakan metode pembelajaran yang mengutamakan pada interaksi dan kolaborasi antar siswa pada sebuah kelompok guna mencapai tujuan pembelajaran secara bersama-sama. Penelitian memiliki tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebagai alat dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian terdiri dari semua siswa kelas IV yang berjumlah 25. Berdasarkan hasil penelitian, yang dilihat dari hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil bahwa nilai Lower dan Upper masing-masing bernilai negative yaitu nilai Lower sebanyak -24.98321 dan nilai Upper sebanyak -16.58201 dengan nilai sig. (2-tailed) : 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Didapatkan kesimpulan adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025