IPSSJ
Vol. 2 No. 2 Mei (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

ANALISIS KOLABORASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS XMELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN GEOGEBRA

Fathikha Septiani (Unknown)
Mohamad Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari kolaborasi siswa dalam memecahkan masalah matematika materi fungsi kuadrat kelas X melalui pembelajaran discovery berbantuan GeoGebra di MA Assalam Kradenan Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang interaksi antara siswa dalam pembelajaran yang terstruktur. Selama dua mingu penelitian dilakukan di MA Assalam Kradenan Grobogan dengan melibatkan siswa kelas X. Proses berkolaborasi digunakan untuk memfasilitasi interaksi siswa dalam membahas masalah matematika dimana siswa saling berbicara dan berinteraksi untuk membangun pengetahuan bersama. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan ketika siswa berkolaborasi jika diberikan kebebasan dalam membentuk kelompok dan jika pembentukan kelompoknya ditentukan dalam memahami konsep geometri pada materi fungsi kuadrat malalui alat bantu GeoGebra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...