Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2025): Volume 6 No. 2 Tahun 2025

PENINGKATAN BRAND AWARENESS SMKN 2 MELALUI METODE VIDEO ADVERTISING SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL

Noorlela Marcheta (Politeknik Negeri Jakarta)
Hata Maulana (Politeknik Negeri Jakarta)
Iwan Sonjaya (Politeknik Negeri Jakarta)
Malisa Huzaifa (Politeknik Negeri Jakarta)
Sinantya Feranti Anindya (Politeknik Negeri Jakarta)
Mira Rosalina (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran dalam proses pemasaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak SMKN 2, kondisi sekolah saat ini masih kesulitan mempromosikan produk kewirausahaan hasil karya siswa. Hal ini menyebabkan produk yang ditawarkan tidak dikenal oleh pelanggan, persaingan yang tidak seimbang, pertumbuhan bisnis yang terhambat, dan kurangnya kepercayaan dari masayrakat. Video advertising dapat menjadi solusi efektif dalam pemasaran karena mampu menyampaikan pesan secara visual, emosional, serta menarik perhatian lebih cepat dibandingkan teks atau gambar. Dengan kombinasi elemen audio, visual, dan storytelling, video dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun kepercayaan, serta mendorong keputusan pembelian yang lebih cepat. Pengabdian kepada masyarakat ini telah menghasilkan 6 video advertising yaitu Pengenalan SMKN 2, Video Produk Jurusan Tata Busana, Video Produk Jurusan Tata Boga, Video Produk Jurusan Teknik Audio Video, Video Produk Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Video Produk Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Hasil kegiatan ini telah berhasil untuk mencapai kepuasan dari responden yang terdiri dari staff, guru, kaprodi, dan siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengujian dimana secara keseluruhan video ini mendapatkan respon positif dan mendapat tingkat kepuasan ‘puas’ hingga ‘sangat puas’. Hal ini mengindikasikan bahwa metode pemasaran ini telah layak untuk disebarluaskan sebagai upaya sekolah untuk membangun brand awareness kepada masyarakat sehingga diharapkan masyakat dapat lebih percaya terhadap hasil produk sekolah dan meningkatkan peminat calon siswa di tahun berikutnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...