Madaniya
Vol. 6 No. 2 (2025)

Pengembangan Produk Macaron dengan Cita Rasa Kopi sebagai Komoditas Unggulan dengan Gaya Milenial

Abdurahman Hamid Rahman (Universitas Negeri Makassar)
Asmaun Asmaun (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Syarifuddin Rahman (Universitas Negeri Makassar)
Agusalim Juhari (Universitas Negeri Makassar)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Di era modern, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki semangat kewirausahaan yang kuat. Inovasi menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ekonomi dengan menciptakan peluang kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) hadir sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan wirausaha melalui inovasi berbasis potensi lokal. Salah satu peluang usaha yang potensial adalah inovasi macaron berbahan dasar kopi, yang masih terbatas penggunaannya dalam produk konvensional. PopCrunch dikembangkan sebagai solusi inovatif dengan berbagai varian rasa khas, kemasan menarik, dan strategi pemasaran digital yang menyasar generasi muda. Artikel ini membahas bagaimana inovasi kopi dapat menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui PKKM, serta menganalisis peluang bisnisnya untuk memberikan inspirasi bagi mahasiswa dalam membangun usaha kecil dengan prospek pertumbuhan yang menjanjikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...