Madaniya
Vol. 6 No. 2 (2025)

Peningkatan Literasi Membaca Siswa SD melalui Buku Cerita Bergambar

Muhammad Hasbi (Universitas Negeri Makassar)
Abd. Halim (Universitas Negeri Makassar)
Fitriani Bakri (Universitas Negeri Makassar)
Mardiyanah Nasta (Universitas Negeri Makassar)
Nur Mutmainna Halim (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Literasi membaca merupakan keterampilan fundamental yang menjadi pondasi keberhasilan pembelajaran siswa di semua mata pelajaran. Data terbaru menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca siswa di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV SD Inpres Cambaya IV Makassar melalui penggunaan buku cerita bergambar. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama tiga bulan dengan melibatkan 22 orang siswa. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi tiga tahapan: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Implementasi kegiatan diawali dengan melakukan pengenalan dan pembiasaan membaca buku cerita bergambar. Selanjutnya para siswa diajarkan untuk melakukan aktivitas literasi interaktif berbasis buku cerita bergambar. Intervensi berupa program membaca terarah menggunakan 12 judul buku cerita bergambar yang dipilih berdasarkan tingkat keterbacaan dan kesesuaian dengan karakter siswa. Siswa dilibatkan dalam berbagai aktivitas literasi interaktif yang dikembangkan berdasarkan buku cerita bergambar yang telah dibaca. Aktivitas ini mencakup: diskusi terpandu (guided discussion), dramatisasi cerita (story dramatization), dan menulis kreatif (creative writing). Secara umum kegiatan ini dianggap berhasil di mana terdapat peningkatan signifikan rata-rata kemampuan literasi membaca siswa dari kategori rendah dan kurang lancar menjadi kategori sedang dan agak lancar. Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif pengaruh media buku cerita bergambar terhadap peningkatan minat baca dan kemampuan literasi siswa. Hasil kegiatan ini dapat menjadi model implementasi program literasi yang efektif dan dapat direplikasi oleh sekolah-sekolah lain dengan karakteristik serupa. Lebih lanjut, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkaya basis pengetahuan mengenai strategi peningkatan literasi membaca yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...