DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 8, No 3 (2024): December 2024

Pembelajaran penelitian tindakan kelas melalui model project-based learning pada calon guru sekolah dasar

Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Dewi Indrapangastuti (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah penerapan Project-Based Learning (PjBL), (2) meningkatkan keterampilan menyusun proposal PTK, dan (3) meningkatkan hasil belajar metodologi PTK. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek 116 mahasiswa PGSD FKIP UNS yang menempuh mata kuliah metodologi PTK Tahun 2023. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa teman sejawat dosen, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah penerapan Project-Based Learning (PjBL) meliputi (a) penyajian masalah, (b) penyusunan rencana projek, (c) penyusunan jadwal projek, (d) monitoring pelaksanaan projek, (e) presentasi hasil projek, (f) evaluasi hasil projek; (2) penerapan PjBL dapat meningkatkan keterampilan menyusun proposal PTK, dan (3) penerapan model Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar metodologi PTK bagi mahasiswa PGSD. Learning classroom action research through project-based learning model for prospective elementary school teachers Abstract: The aims of this study were (1) to describe the steps for implementing Project-Based Learning (PjBL), (2) to improve skills in preparing Classroom Action Research (CAR) proposals, and (3) to improve learning outcomes of the CAR methodology. This study used a Classroom Action Research design, with 116 PGSD FKIP UNS students taking the CAR methodology course in 2023 as subjects. The data sources used were students, fellow lecturers, and documents. Data collection techniques with observation, interviews, and tests. Data validity uses source and technique triangulation. The results of the study show that (1) the steps for implementing Project-Based Learning (PjBL) include (a) presenting the problem, (b) preparing a project plan, (c) preparing a project schedule, (d) monitoring project implementation, (e) presenting project results, (f) evaluating results project; (2) the application of PjBL can improve the skills of preparing CAR proposals, and (3) the application of the PjBL model can improve the learning outcomes of the CAR methodology for PGSD students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...