Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di UPT SD Inpres Mangasa I, peneliti menemukan masih ada kesalahan penggunaan tanda baca dan huruf kapital pada karangan narasi yang di tulis oleh siswa kelas IV UPT SD Inpres Mangasa I. Pada penelitian ini rumusan masalahnya yaitu: Apa saja kesalahan berbahasa Indonesia khususnya pada penggunaan tanda baca dan huruf kapital pada karangan narasi siswa kelas IV UPT SD Inpres Mangasa I. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan mengidentifikasi kesalahan berbahasa Indonesia khususnya pada penggunaan tanda baca dan huruf kapital pada karangan narasi siswa kelas IV UPT SD Inpres Mangasa I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah karangan narasi yang ditulis siswa kelas IV UPT SD Inpres Mangasa I dengan jumlah 14 karangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan simak-catat. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang salah dalam penggunaan tanda baca dan huruf kapital. Dapat dilihat pada taraf kesalahan pada penggunaan tanda baca titik 74%, tanda baca koma 26%. Dan pada taraf kesulitan pada penggunaan huruf kapital berjumlah 100%. maka peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas IV UPT SD Inpres Mangasa belum menguasi terhadap penggunaan tanda baca dan huruf kapital pada karangan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024