JREP
Vol. 1 No. 4 (2024): JREP

AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAAAN SEBAGAI DASAR KARAKTER PENDIDIKAN KEAGAMAAN

Leni Puspitasari (Unknown)
Muh. Niamur Ridho (Unknown)
Nabila Indana (Unknown)
Bahaking Rama (Unknown)
Nur Fitrah Julianti Patta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tulisan ini berupaya mengkaji bagaimana Al-Islam dan Muhammadiyah membentuk fondasi karakter pendidikan agama di Indonesia. Pendekatan kajian yang diterapkan adalah studi pustaka dengan cara menganalisis sejumlah buku, jurnal, dan bahan-bahan resmi organisasi Muhammadiyah yang relevan. Dengan prinsip-prinsip dasarnya, Al-Islam menawarkan fondasi yang kokoh bagi tumbuhnya nilai-nilai moral dan wawasan keagamaan yang mendalam. Muhammadiyah yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan sebagai gerakan pembaruan, menekankan pendidikan kontemporer, progresif, dan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup umat. Berdasarkan temuan kajian, Al-Islam dan Muhammadiyah secara bersama-sama membantu membentuk karakter peserta didik yang beriman, bermoral, terpelajar, dan berwawasan ke depan. Generasi yang taat beragama, cerdas, dan berdaya saing tinggi di Indonesia sebagian besar dibentuk oleh pendidikan agama yang berlandaskan Muhammadiyah dan Al-Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JREP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset dan Evaluasi Pendidikan (JREP) bertujuan untuk mewadahi forum pemahaman ilmiah bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses akumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk menyediakan metode ...