Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan Efektivitas metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 67 Rappokalling. Dengan masalah penelitian “Bagaimana gambaran dan pengarauh Metode outdoor study Terhadap Hail Belajaar IPA Siswa Kelas III di SDN 67 Rappokalling Kota Makassar?” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pretest postetst kontrol grub design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 67 Rappokalling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data tes/uji-T dimana data yang terkumpulakan diolah dan dianalisis menggunakan uji normalitas menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan metode outdoor study berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam pengumpulatan data, penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode outdoor study dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Hal tersebut dibuktikan pada tabel uji-t (Independent Sample Test) dengan peroleh nilai signifikansi 0.006< 0.05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau thitung > ttabel (13,09 > 2.131).
Copyrights © 2025