Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan budi pekerti di kelompok B RA Dinul Islam Kendari Tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru RA Dinul Islam Kendari. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan budi pekerti yaitu mengajari anak membaca doa-doa sebelum melakukan sesuatu, mengajari anak tata cara sholat, memberikan apresiasi kepada anak berupa jempol atau ucapan yang membangkitkan semangat anak jika melakukan hal positif, menyediakan media terkait penanaman budi pekerti yaitu media huruf hijayyah, mengenalkan rumah ibadah, tata cara sholat dan tata cara berwudhu. Nilai-nilai yang ditanamkan yaitu berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenalkan hari besar agama, mengajarkan ibadah, toleransi, kesadaran diri, rasa tanggung jawab serta prilaku prososial.
Copyrights © 2023