Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK Ngale. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh permainan sirkuit edukatif terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK Ngale. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis pre exsperimental design dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek sejumlah 30 anak yang berusia 4-5 tahun di TK PKK Ngale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 44, 99 dan nilai rata-rata post-test sebesar 74, 99. Pada hasil uji-t dengan menggunakan paired sample t-test nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0, 00 yang artinya nilai Sig. (2-tailed) <0, 05. Maka bisa dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit edukatif berpengaruh terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK Ngale.
Copyrights © 2024