Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelajaran 2024/ 2025. (2) mengetahui proses pelaksanaan model PAKEM pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelaran 2024/ 2025. (3) Pengaruh model PAKEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan instrumen tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 060893 Jl. Darussalam yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang tergolong baik dengan rata-rata 77 dengan hasil korelasi sebesar 0,712 yang artinya rhitung (0,712) ? rtabel (0,396) maka Ha diterima, Sehingga terdapat pengaruh antara model pembelajaran PAKEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 060893. Hasil penelitian uji-T dimana thitung ? ttabel yaitu sebesar 4,859. Jika thitung ? ttabel atau 4,859 ? 2,069 maka dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap kemampuan kritis siswa dan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan, dengan demikian Ha diterima yaitu ada pengaruh anatar model pembelajaran PAKEM dengan kemampuan kritis siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024