Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064983 MEDAN HELVETIA

Sri Ayu Wahyuni Situmorang (Universitas Katolik Santo Thomas)
Fiber Yun Almanda Ginting (Universitas Katolik Santo Thomas)
Nova Florentina Ambarwati (Universitas Katolik Santo Thomas)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 064983 Medan Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Tahapan pelaksanaan penelitian dimulai dari pemberian pre-test dengan nilai rata-rata 57,86. Selanjutnya peneliti melakukan kegiatan pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan akhir memberikan pos-test untuk mengukur tingkat ketercapaian keterampilan proses sains dengan memperoleh nilai rata-rata 78. Dengan itu tingkat keberhasilan keterampian proses sains siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi hasil rhitung ? rtabel dengan hasil 0,737 ? 0,361. Selanjutnya pengujian hipotesis yaitu membandingkan nilai thitung ? ttabel dengan hasil 5,766 ? 2,048 artinya model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh posistif terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Dengan demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...