Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI

Irawan Irawan (Universitas Islam Syekh-Yusuf)
Indah Merakati (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Hendra Sudarso (Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi)
Roswati Roswati (UIN Suska Pekanbaru)
Vandan Wiliyanti (UIN Raden Intan Lampung)
Bernardus Agus Rukiyanto (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran kolaboratif di lingkungan perguruan tinggi. Pembelajaran kolaboratif menjadi pendekatan yang semakin diterapkan di perguruan tinggi karena mampu mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah mahasiswa. Teknologi, seperti Learning Management System (LMS), aplikasi berbasis cloud, dan perangkat lunak kolaboratif, memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran ini dengan memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana berbagai penelitian terdahulu terkait implementasi teknologi dalam pembelajaran kolaboratif dianalisis secara sistematis. Temuan menunjukkan bahwa teknologi dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih baik, menyediakan aksesibilitas yang lebih luas terhadap materi pembelajaran, dan memungkinkan umpan balik yang cepat dari dosen. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya literasi digital, dan minimnya dukungan teknis dari institusi dapat menghambat efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar perguruan tinggi memberikan akses teknologi yang setara serta pelatihan literasi digital untuk mendukung keberhasilan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi implementasi teknologi yang lebih inklusif dan efektif untuk pembelajaran kolaboratif di perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...