Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN: DAMPAK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Jolanda Dessye Parinussa (Universitas Pattimura)
Reza Saeful Rachman (Universitas Sangga Buana)
Vandan Wiliyanti (UIN Raden Intan Lampung)
Jasiah Jasiah (IAIN Palangkaraya)
Joseph Tumiwa (Universitas DIPA Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa di pendidikan tinggi. Teknologi AR telah diperkenalkan sebagai metode inovatif yang menggabungkan dunia nyata dan digital, memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran secara lebih mendalam dan imersif. Studi ini menggunakan metode studi literatur yang mencakup analisis terhadap berbagai penelitian sebelumnya yang relevan, yang menunjukkan bahwa penggunaan AR dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang abstrak atau kompleks, meningkatkan retensi informasi, serta memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa AR memiliki dampak signifikan dalam berbagai aspek hasil belajar, terutama pada aspek kognitif, di mana mahasiswa lebih cepat memahami konsep yang sulit melalui visualisasi tiga dimensi. Aspek afektif juga menunjukkan peningkatan positif, dengan adanya motivasi belajar yang lebih tinggi akibat pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, teknologi AR dalam pembelajaran memungkinkan mahasiswa untuk berlatih keterampilan psikomotorik secara virtual, memberikan peluang yang lebih aman dan efektif untuk pengembangan keterampilan praktis sebelum diimplementasikan di lapangan. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang menghambat penerapan AR di perguruan tinggi, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan kebutuhan akan kompetensi teknis bagi tenaga pengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi AR memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, namun implementasinya memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai dan keterampilan teknis yang mendukung. Studi ini juga merekomendasikan penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dari penggunaan AR dalam pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...