Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

EXPLORING THE EFFECTIVENESS OF GAMIFICATION IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING

Hendra Sudarso (STKIP PGRI Bangkalan)
Azhariah Rachman (Universitas Haluoleo)
Siswandi Siswandi (UIN Suska Riau)
Ahmad Fathir Imran (Universitas Tomaka)
Emma Martina Pakpahan (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kalangan siswa kelas IX di SMA Negeri 1 Gamping. Gamifikasi, yang melibatkan penggunaan elemen permainan dalam konteks pendidikan, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari 20 siswa menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris setelah menerapkan gamifikasi, dan 90% merasa proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Gamifikasi tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gamifikasi adalah metode inovatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...