Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kalangan siswa kelas IX di SMA Negeri 1 Gamping. Gamifikasi, yang melibatkan penggunaan elemen permainan dalam konteks pendidikan, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari 20 siswa menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris setelah menerapkan gamifikasi, dan 90% merasa proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Gamifikasi tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gamifikasi adalah metode inovatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024